Kok, Si Kecil Belum Mulai Jalan? PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 22 Februari 2011 19:56

www.balita-anda.com-anak_jalanSetiap orangtua pasti menantikan momen anaknya belajar berjalan. Seakan pada momen tersebut si bayi sedang bersiap menuju level perkembangan yang lebih tinggi. Anak mulai belajar berjalan di sekitar usia 12 bulan. Namun, ketika di usia tersebut si anak belum juga mencoba belajar berjalan, banyak orangtua mulai khawatir dan bertanya apakah perkembangan si anak terlambat.

Pengarang buku The Birth to Five Book, Brenda Nixon berkata, "Kebanyakan orangtua merasa belajar berjalan adalah hal yang penting karena ada anggapan, hal itu terkait dengan kecerdasan anak. Tak sedikit orangtua yang membanggakan anaknya dengan kalimat, 'Pintar, deh anakku, umur 10 bulan sudah bisa jalan'. Hal-hal seperti ini yang membuat orangtua merasa anaknya yang belum mulai jalan di usia kebanyakan anak mulai jalan berpikir perkembangan anaknya tertunda. Padahal, berjalan berhubungan dengan temperamen dan kesempatan anak, bukan kecerdasan."

Terlambat?
Kebanyakan orangtua menantikan anak sudah belajar atau setidaknya mencoba berjalan ketika ia mencapai usia 12 bulan atau di usia ulangtahun pertamanya. Standarnya, anak-anak belajar berjalan antara usia 9-18 bulan. Jika si anak baru belajar berjalan di usia mendekati 18 bulan, kemungkinan terbesar karena ia tidak mendapatkan kesempatan, genetis, atau karena temperamennya.

Nixon menceritakan, seperti dikutip dari Babyzone, banyak orangtua yang memiliki bayi berusia 13 bulan menanyakan mengapa anaknya belum juga mulai belajar berjalan, pertanyaan yang ia tanyakan kembali kepada para orangtua itu adalah, "Apakah Anda memberinya cukup kesempatan? Saya menyarankan agar orangtua menggenggam tangan si anak dan biarkan si anak mulai menjejakkan kakinya dan belajar melangkah sendiri." Nixon menyarankan orangtua menggenggam kedua tangan si anak keliling rumah, menuju mobil, atau membiarkannya berpegangan pada kereta barang Anda di supermarket (tentunya dijaga jangan sampai ia terjepit atau tertimpa barang) sambil ia berusaha mengatur langkahnya. Latihan-latihan seperti ini dibutuhkan anak balita.

Ada pula anak yang memilih mengambil waktunya sebelum mulai belajar berjalan. Sebagian anak yang baru mau berjalan kalau ada yang memegangkan bisa saja dalam sekali waktu tiba-tiba berdiri dan tidak terjatuh, bahkan seakan ia sudah biasa berjalan sendiri.

Yang perlu dikhawatirkan?
Sementara kebanyakan anak yang hanya lambat belajar berjalan adalah anak-anak yang sehat, ada pula beberapa anak yang karena permasalahan perkembangan melewati masa ini. "Beberapa anak yang memiliki masalah neuromuscular, genetik, atau metabolis bisa jadi belajar berjalan di usia yang melewati usia umum anak belajar berjalan akibat kondisi kesehatan mereka," ujar dr Daniel Brennan, dokter anak di Sansum Clinic and Cottage Children's Hospital, California, AS. Menurut Brennan, sebagian anak mengalami masalah dalam berjalan akibat masalah ortopedi, seperti dysplasia pada pinggul. Anak-anak ini sebaiknya diperiksakan kondisinya kepada dokter khusus.

Yang penting untuk diperhatikan adalah perkembangan motorik anak, anak yang mengalami masalah pada motorik kasar akan mulai menunjukkan keterlambatan segera. Umumnya, jika anak terlambat berjalan, biasanya ia terlihat juga terlambat belajar untuk duduk. Perkembangan penting motorik kasar termasuk pula saat ia belajar mengkontrol kepalanya di usia 4 bulan dan belajar duduk di usia 6-8 bulan. Anak yang baru belajar duduk di usia 10-11 bulan bisa jadi akan terlambat belajar berjalan.

Saat anak sedikit terlambat berkembang dibandingkan anak seusianya, orangtua secara alamiah akan mulai khawatir. Namun, di kebanyakan kasus terlambat berjalan bukan alasan untuk panik. Beberapa anak memfokuskan diri pada kemampuan berbeda di waktu yang berbeda, karena itulah rentang kewajaran anak untuk belajar pondasi-pondasi perkembangannya cukup luas. Kadang, akan lebih baik untuk menunggu dulu hingga si anak mencoba sambil membantunya. Tetapi, tidak ada salahnya untuk selalu mengecek perkembangan anak kepada ahlinya.

Sumber: Kompas



Artikel Terkait:
Kecilnya "Burung" Si Kecil
Kecilnya ukuran alat kelamin anak laki-laki sering merisaukan orang tua. Padahal untuk memastikan normal tidaknya ukuran penis baru bisa diketahui...
Kalau Si Kecil Mulai Pandai Merayu
Kecil-kecil sudah pandai merayu jika ingin sesuatu? Hati-hati jangan sampai kebablasan karena dampaknya tak baik bagi masa depan anak. Anak pandai...


Artikel Paling Banyak Dibaca:
Resep Makanan Bayi Umur 6-12 Bulan
1. PUDING ROTI APEL BAHAN : 150 gr apel, cuci belah empat dan buang bagian tengahnya 75 gr roti tawar buang tepinya dan iris kecil 50 ml...
Tabel Berat & Tinggi Badan Rata-Rata
Berapa berat dan tinggi ideal anak Anda? Berikut adalah tabel Berat & Tinggi Badan Rata-Rata  untuk anak berumur 0 - 5 tahun, tanpa membedakan...
Menu Makanan Anak Usia 1-2 Tahun (12-24 Bulan)
Pada prinsipnya, begitu anak menginjak usia 1 tahun, dia sudah dapat mengkonsumsi makanan yang istilahnya ...
Diare pada Bayi
Diare Infeksius adalah suatu keadaan dimana anak sering buang air besar dengan tinja yang encer sebagai akibat dari suatu infeksi. PENYEBAB...
Rumus untuk Menghitung Berat Badan Ideal
Ternyata, rumus untuk menghitung berat badan ideal telah ada sejak lebih dari seabad lalu. Rumus berat badan ideal yang pertama dibuat oleh seorang...

Trackback(0)
Komentar (10)add comment
0
han: ...
oogitu yaaa
ntar saatnya belajar artikel ini sangat berguna
informasi bagus nih buat persiapan adik Bima


best regards
HAN
http://mhprihantoro.blogdetik.com/green-apple-4sale/
http://mhprihantoro.blogdetik.com/
1

Juni 03, 2011
Voting: +0
0
vinavina: ...
anakku agak tlt dulu jalannya ... tapi kita sebagai ortu harus sabar,,,dan tetep kita pilihkan makanan yg bergizi baik untuk anak dan tentunya pilih susu formula yg bgs untuk pertumbuhan tulang dan badannya
2

Maret 24, 2011
Voting: -1
0
azzahra putri: ...
klo anak aq siy ga telat jln, tp suka males jln, kadang cenderung pasif, atau maunya duduk melulu. aq coba gnti sufor smpe 2x dan akhirnya ktmu yg dia suka dan cocok. sejak minum sufor itu, anak aq jd aktif bgt. lari sana-sini. dan lbh cerdas smilies/grin.gif
3

Maret 24, 2011
Voting: -1
0
bimbim: ...
untungnya keke sudah bisa jalan .. dia suka banget minum susunya.. ga pernah susah kl aku suruh mnm susu... aku kasih anmum. dia sk bgt rasanya
4

Maret 24, 2011
Voting: +0
0
ceuwida: ...
Alhamdulillah anak saya sudah mulai jalan sejak umur 11 bln.... sekarang athar sudah 1,5thn dan tambah pintar pertumbuhan nya jg semakin bgs...saya kasih dia sufor anmum..untuk pertumbuhan tulangnya....danperkembangan otaknya juga bunda
5

Maret 24, 2011
Voting: +0
0
madimz: ...
Anakku jg agak telat jalan kok, bu. Memang harus agak telaten dan extra kita nya sbg ortu. Dan mungkin spt kata ibu Atiek, mungkin tulang2nya blm kuat utk jalan. Yg penting asupan makanan sehat dan susu yg bagus hrs terus diberikan buat anak smilies/smiley.gif
6

Maret 24, 2011
Voting: +2
0
gracias: ...
wah...
anakku sih sudah mulai jalan.. walaupun jalannya masih merembet.. smilies/tongue.gif
bisa jadi sih tulangnya belum kuat..
mungkin antisipasinya bisa dengan sufor yang paling cocok untuk si anak. smilies/smiley.gif
7

Maret 24, 2011
Voting: +0
atiek soelistiyo
atiek soelistiyo: ...
biasanya anak kadang takut ya kl mau jalan atau mungkin tulangnya blm kuat...untuk itu berikan anak asupan gizi atau susu yang dapat membantu pertumbuhan tulang
8

Maret 24, 2011
Voting: -3
Emily Faranika
Emily Faranika: ...
untung Emily skrg udah lancar jalannya
saya suka pancing dia sambil berdiri agak jauhan sambil megang gelas berisi susu kesayangannya, pasti dia lgsg jalan ke arah saya
9

Maret 24, 2011
Voting: -1
0
ogutz: ...
saya memiliki anak lelaki berusia 14 bulan sperti yang disaran kan diatas sudah kami lakukan tp yang ada sekarang anak kami seprti yang ketergantungan terhadap pegangan yg slaalu kami berikan saat anak kami melangkah..walau kami liat sebenarnya dia sudah bisa berjalan tapi karna selalu kami pegang hingga saat ini dia tidak mau jalan sendiri...mohon bantuan sarannya
10

Maret 03, 2011
Voting: +2

Tulis komentar

security image
Write the displayed characters


busy
 
Balita-Anda Online
Panduan Orangtua yang Cerdas, Kreatif dan Inovatif dalam Merawat dan Mendidik Bayi / Balita

 

Balita-Anda

Milis Balita-Anda

untuk bergabung dengan milis Balita-Anda silakan kirim email kosong ke:
balita-anda-subscribe@balita-anda.com

Kalender Kesuburan

Silakan pilih hari pertama periode terakhir masa menstruasi Anda:

- -

Lama Siklus

Link Bermanfaat


d’BC Network
Sambil jaga anak, sambil dandan, sambil masak, sambil berbisnis via internet.
Hanya di d’BC Network



Sentra Tiket
Pemesanan tiket pesawat online. Kami jamin harga yang Anda dapatkan adalah yang terendah pada saat Anda transaksi. Silakan hubungi kami di Sentra Tiket atau Telp/SMS ke 081268199665 atau hubungi Webmaster Balita-Anda


Sponsor

Login Anggota

Sign in with Facebook
0 users and 32 guests online
     
    
Home Ensiklopedia Balita Kok, Si Kecil Belum Mulai Jalan?
    
     
Banner